Tuesday, December 4, 2012

Ide Kreatif, Peluang Usaha Inovatif

Posted by Unknown On 7:42 AM

Pepatah Jawa mengatakan “Jer Basuki Mawa Bea.” Ya, pendidikan memang tak lepas dari biaya. Begitu pula dengan kegiatan kampus, tak akan jalan tanpa dana. Dan hal yang paling umum dilakukan orang kebanyakan dalam mencari dana untuk kegiatan adalah mengajukan proposal.

Namun ada cara lain yang lebih kreatif, yaitu berwirausaha. Menurut Peter F. Drucker, Kewirausahaan merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Pengertian ini mengandung maksud bahwa seorang wirausahawan adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dari yang lain. Atau mampu menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Di sini kita bisa memanfaatkan ide cemerlang mahasiswa untuk menciptakan peluang usaha yang inovatif.

Lho, berwirausaha kan butuh modal? Lha wong kita saja sedang butuh dana untuk kegiatan kok malah mau berwirausaha!”

Justru dengan berwirausaha inilah kita bisa mendapatkan dana untuk kegiatan kampus. Konsepnya, modal bisa kita dapat dari tiap mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan kampus nantinya. Nah, pada saat didapatkan profit, modal bisa kita kembalikan ke tiap mahasiswa sedangkan labanya bisa digunakan sebagai dana untuk melaksanakan kegiatan kampus.

(Opini saya ini sebenarnya juga sudah saya tulis sejak lama, sekitar Pebruari 2012. Dan saya kirimkan ke Kompas, tp tidak dimuat juga, ha7x)

0 comments:

Post a Comment

Blog Followers

Categories

Android (7) BlackBerry (4) blog (1) download (29) iPad (2) iPhone (3) LG (1) linux (1) MCIT (2) Nvidia (1) tablet (3)